PELTAH

Subseksi Pelayanan Tahanan

Indikator Kinerja :

Persentase pencapaian target kinerja dengan administrasi yang akuntabel serta pemenuhan standar dalam pelayanan tahanan Rutan Kelas II B di wilayah kerjanya.

Target 2010 : 90%

Target 2014 : 100%

Uraian Tugas :

  1. Membuat rencana kerja Subseksi Pelayanan Tahanan;
  2. Menyiapkan penyusunan dan penelaahan Data Register Tahanan, Data Register Barang Titipan, Data Sarana dan Prasarana Rutan, Data Jumlah Hari Tinggal, Data Keadaan Tahanan, dan Data Mutasi Narapidana;
  3. Menyiapkan dan melakukan penelitian ulang berkas-berkas Tahanan, menyiapkan pemeriksaan kesehatan Tahanan serta pendaftaran/pencatatan Tahanan;
  4. Menyiapkan penempatan Tahanan berdasarkan umur, jenis kelamin dan tindak pidana, mengajukan usulan mutasi, usulan program pembinaan (CB, CMB, PB) kepada Kepala Rutan, serta mengoreksi kelengkapan berkas dan data pengeluaran (Tahanan yang mengikuti sidang, ijin berobat, permohonan ijin luar biasa, dan bebas demi hukum serta bagi Narapidana yang bebas dan mutasi ke LAPAS) ;
  5. Menyiapkan perawatan makanan, kesehatan dan mental rohani Tahanan serta melakukan bimbingan kegiatan kerja bagi Tahanan;
  6. Menyiapkan urusan fasilitasi pendampingan penyuluhan hukum Tahanan, bimbingan jasmani dan rohani, perpustakaan/bahan bacaan, menyiapkan proses penyidikan, penuntutan dan pemeriksaan di sidang pengadilan, serta menyiapkan bahan fasilitasi dan melakukan sidang TPP;
  7. Menyiapkan bahan pemberitahuan habisnya masa tahanan 10 hari dan 3 hari;
  8. Menyelia dan memberikan penilaian hasil kerja bawahan di lingkungan Subseksi Pelayanan Tahanan sesuai target indikator sasaran;
  9. Melaksanakan koordinasi dengan unit kerja/lembaga/instansi terkait;
  10. Mengevaluasi dan membuat laporan pelaksanaan tugas di lingkungan Subseksi Pelayanan Tahanan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas;
  11. Melaksanakan Waskat di lingkungan Subseksi Pelayanan Tahanan;
  12. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diperintahkan oleh Pimpinan.

BERAGAM KEGIATAN PELAYANAN TAHANAN
1. PENCATATAN REGISTRASI A DAN B
2. JURNAL HARIAN
3. PEMBINAAN KEROHANIAN (PONPES) UNTUK WBP
4.SHOLAT BERJAMAAH DZUHUR DAN ASHAR UNTUK WBP
5. SHOLAT MAGRIB UNTUK WBP
6. KEJAR PAKET A DAN PAKET B UNTUK WBP
7. BUKA PUASA BERSAMA DAN TERAWEH UNTUK WBP
8. OLAH RAGA RUTIN UNTUK WBP
9. BIMBINGAN KERJA
10. PENGECEKAN BAHAN MAKANAN DAN BON MANACE
11. SIDANG TPP
12. PELAYANAN KESEHATAN UNTUK WBP
13. USULAN PB, CB, CMB
14. ASIMILASI
15. USULAN REMISI UMUM DAN REMISI KHUSUS
16. SOSIALISASI KIE, TB, HIV AIDS
17. PEMBERIAN ALAT KEBERSIHAN DAN PERLENGKAPAN MANDI UNTUK WBP
18.LAPORAN BULANAN
19. LAPORAN TRIWULAN

PROGRAM PB, CB, CMB

Tahun 2008
(PB: 24 Orang, CMB: 1 Orang, CB: 42 Orang)

Tahun 2009
(PB: 26 Orang, CMB: 1 Orang, CB: 74 Orang)

Tahun 2010 ( sampai bulan September )
(PB: 19 Orang, CMB: 1 Orang, CB: 64 Orang)